Saturday, March 3, 2007

BAHASA/UNGKAPAN



Tadi pagi ditepi jalan Ajibarang-Gumelar,kulihat seseorang sedang marah-marah. Dilain waktu kulihat orang yang sedang menggeleng-gelengkan kepala. Dilain waktu lagi,kudengar orang mengatakan,cantik-cantik jadi penipu.Pada peristiwa orang marah,ternyata hanya dengan melihat,aku bisa mengerti bahwa peristiwa tersebut,meskipun tidak sepenuhnya. Karena aku belum jelas,maka bertanya pada orang yang kebetulan berada di dekatku. Mengapa orang itu marah-marah? Orang itu hanya menggelengkan kepala tanpa mengeluarkan sepatah katapun. Aku menjadi semakin ingin tau,kudekati lagi seseoarang. Kuajukan pertanyaan yang sama,mengapa orang itu marah-marah? Orang itu menjawab,cantik-cantik tapi penipu.Ketiga peristiwa tersebut,menggunakan ungkapan(bahasa),yaitu:gerak,tubuh dan lisan. Dari peristiwa tersebut,aku dapat tau seseorang sedang marah dari bahasa tubuh,orang tidak tau dari bahasa gerak dan orang cantik dari bahasa lisan. Walhasil,kita sendiri sering terpaku dari bahasa,yang kadang-kadang dapat menjebak diri kita sendiri.Untuk hal yang satu ini aku sendiri merasa kebingungan. Tolong buat semua sahabat beri aku petunjuk.

No comments: